Jumat, 02 November 2018

Apa yang Harus Saya Lakukan untuk Menjaga Kesuburan Wanita?



Berberapa Tips untuk Menjaga Kesuburan Wanita? 

Pilihan gaya hidup dapat memengaruhi kemampuan wanita untuk hamil. Pertimbangkan beberapa langkah sederhana jika Anda ingin hamil. Jika Anda berharap untuk hamil, Anda mungkin bertanya-tanya tentang kesuburan Anda dan apakah Anda dapat memperbaikinya. Beberapa faktor mungkin berada di luar kendali Anda, seperti masalah medis yang memengaruhi kemampuan untuk hamil. Tetapi pilihan gaya hidup Anda dapat berpengaruh pada kesuburan Anda juga.

Menjaga Kesuburan

Apa itu kesuburan wanita?

Kesuburan wanita adalah kemampuan wanita untuk mengandung anak biologis. Anda dan pasangan Anda mungkin mempertanyakan cara Menjaga Kesuburan jika Anda telah mencoba untuk hamil dengan seks yang sering dan tidak terlindungi selama setidaknya satu tahun atau setidaknya enam bulan jika Anda berusia lebih dari 35 tahun tanpa keberhasilan.
Apa yang Dapat Meningkatkanj Kesuburan?
Berbagai masalah medis dapat berkontribusi pada masalah kesuburan wanita, termasuk:
  • Gangguan ovulasi, yang mempengaruhi pelepasan telur dari indung telur. Ini termasuk gangguan hormonal seperti sindrom ovarium polikistik, hiperprolaktinemia dan masalah tiroid (hipertiroidisme atau hipotiroidisme).
  • Kelainan uterus atau serviks, seperti polip atau fibroid di uterus.
  • Kerusakan atau sumbatan tuba tuba, yang sering disebabkan oleh penyakit radang panggul.
  • Endometriosis, yang terjadi ketika jaringan yang biasanya melapisi bagian dalam rahim tumbuh di luar rahim.
  • Insufisiensi ovarium primer (menopause dini), yang terjadi ketika ovarium berhenti bekerja dan menstruasi berakhir sebelum usia 40.
  • Adhesi pelvis - pita jaringan parut yang mengikat organ setelah infeksi panggul, radang usus buntu, atau pembedahan perut atau panggul.
  • Kondisi medis terkait dengan tidak adanya menstruasi, seperti diabetes yang tidak terkontrol, penyakit celiac dan beberapa penyakit autoimun seperti lupus.
  • Usia juga berperan. Menunda kehamilan dapat mengurangi kemungkinan Anda bisa hamil. Penurunan kuantitas dan kualitas telur Anda dengan usia membuat lebih sulit untuk hamil.

Apa yang Harus di Hindai untuk Menjaga Kesuburan?

Pilihan gaya hidup sehat dapat membantu Anda meningkatkan kesuburan. Ambil langkah untuk:
  • Pertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan atau berat badan yang signifikan dapat menghambat ovulasi normal.
  • Mencegah infeksi menular seksual. Infeksi seperti klamidia dan gonore adalah penyebab infertilitas utama bagi wanita.
  • Hindari shift malam, jika memungkinkan. Secara teratur bekerja shift malam mungkin menempatkan Anda pada risiko infertilitas yang lebih tinggi, mungkin dengan mempengaruhi produksi hormon. Jika Anda bekerja shift malam, cobalah untuk cukup tidur ketika Anda tidak bekerja.
  • Meskipun stres tidak membuat Anda hamil, pertimbangkan untuk meminimalkan stres dan berlatih metode koping yang sehat - seperti teknik relaksasi - ketika Anda mencoba untuk hamil.
Apa yang Tidak Boleh di Lakukan?
Pilihan gaya hidup sehat juga termasuk di sini. Untuk melindungi kesuburan Anda:
  • Jangan merokok. Penggunaan tembakau dikaitkan dengan kesuburan yang lebih rendah. Merokok menyebabkan ovarium dan menguras telur Anda sebelum waktunya. Jika Anda merokok, minta dokter Anda untuk membantu Anda berhenti merokok.
  • Batasi jumlah alkohol yang Anda minum. Minum berat dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan ovulasi. Jika Anda ingin hamil, pertimbangkan untuk menghindari alkohol sepenuhnya. Abstinensi saat konsepsi dan selama kehamilan umumnya dianjurkan karena tingkat konsumsi alkohol janin yang aman belum ditetapkan.
  • Cacah kafein. Kesuburan wanita tampaknya tidak dipengaruhi oleh asupan kafein di bawah 200 miligram per hari. Pertimbangkan membatasi asupan kafein Anda untuk satu atau dua cangkir kopi 6-8 ons sehari.
  • Waspadalah terhadap latihan berlebihan. Terlalu banyak aktivitas fisik yang kuat dapat menghambat ovulasi dan mengurangi produksi hormon progesteron. Jika Anda memiliki berat badan yang sehat dan Anda berpikir untuk hamil segera, pertimbangkan untuk membatasi aktivitas fisik yang kuat hingga kurang dari lima jam seminggu.
  • Hindari paparan racun. Polutan dan racun lingkungan seperti pestisida, pelarut dan timbal kering dapat mempengaruhi kesuburan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon